Media Cyber Indonesia

Caption Foto : Danrem 044 GAPO Brigjen TNI M. Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si.,M.Tr(Han) didampingi oleh Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Hendra Saputra, S.Sos.,M.M.,M.I.Pol bersama rombongan meninjau langsung proses vaksinasi Penyakit mulut dan kuku (PMK) bertempat di kelurahan Kedaton Dusun Pancor Kecamatan Kayuagung Kabupaten OKI, Rabu (06/07/2022) (Foto: Korem 044/Gapo)

Jelang Idul Adha, Danrem 044/Gapo Pastikan Hewan Bebas PMK di Wilayah OKI

Jelang Idul Adha, Danrem 044/Gapo Pastikan Hewan Bebas PMK di Wilayah OKI

Versanews, Kayu Agung – Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han) didampingi oleh Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Hendra Saputra, S.Sos.,MM.,M.I.Pol bersama rombongan meninjau langsung lokasi kegiatan vaksinasi hewan ternak dalam rangka mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak, bertempat di Kelurahan Kedaton Dusun Pancor Kecamatan Kayu Agung Kab. OKI, Rabu (6/7/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasiter Korem 044/Gapo Kolonel Inf Debok Sumantoko, S.H, Kasdim 0402/OKI, Kapenrem 044/Gapo, Danramil 402-10/Kayu Agung, Pasiter Kodim 0402/OKI, Danunit Intel 0402/OKI, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perternakan Hewan Prov Sumsel, Sekda Kab. OKI, Sekdin Disbunak OKI, Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Kab. OKI, Dinas BPBD Kab. OKI, Kepala Dinas Pertanian Kab. OKI, Camat Kayu Agung, Lurah Kedaton serta masyarakat peternak sapi.

Situasi ini tentu menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. dengan ini pemerintah dengan sigap melakukan tindakan pengendalian wabah virus PMK serta memberikan sosialisasi ke masyarakat untuk tetap tenang menghadapi wabah ini.

Brigjen TNI M. Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si.,M.Tr(Han) mengatakan, “Kami meninjau langsung dan melihat secara pasti proses penanganan vaksinasi (PMK) di wilayah kabupaten OKI ini, dan Alhamdulillah prosesnya berjalan dengan aman dan lancar”, ucapnya.

Beliau juga memastikan hewan kurban untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah di Kabupaten OKI tidak ada yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Sementara itu Kepala Dinas perkebunan dan peternakan kabupaten OKI, Imlan Khairum M.Si menyampaikan siaga terhadap penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) dari hewan ternak menjelang Idul Adha.

“Para pedagang harus disiplin dalam merawat ternak untuk memastikan ternaknya sehat dan layak konsumsi” kata dia.

Imlan menjelaskan “PMK menyerang hewan ternak yang berkuku genap seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba. Untuk itu, pemkab sudah membentuk gugus tugas PMK guna mengawasi hewan ternak di pasar menjelang hari raya nanti”. Tutupnya (*)

About The Author