Media Cyber Indonesia

Caption Foto : Pakai-blangkon-dab-berkuda-ganjar-hadir-di-dieng-culture-festival_169, (Foto: Detik.com)

Pakai Blangkon dan Berkuda, Ganjar Hadiri Dieng Culture Festival

BANJARNEGARA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menghadiri Dieng Culture Festival (DCF) 2022 di Candi Arjuna, Dieng untuk ikut Kirab Budaya-Memotong Rambut Anak Gimbal.

Awalnya, Ganjar beserta istrinya Siti Atiqoh, mengikuti Kirab Budaya dari Omah Budaya menuju Balai Desa Dieng Kulon dengan menaiki delman. Kemudian, dilanjutkan dengan menunggangi kuda menuju Candi Arjuna.

Sesampainya di Candi Arjuna, Ganjar disambut Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto dan Andy F Noya. Kemudian, mereka diarahkan ke Darmasala untuk mengikuti prosesi Jamasan atau pensucian diri dari hal kotor yang diikuti 15 anak gimbal.

Setelah prosesi Jamasan, Ganjar beserta rombongan langsung menuju Candi Arjuna untuk memotong rambut anak gimbal. Ganjar berkesempatan memotong rambut salah satu anak gimbal perempuan. Uniknya, setiap anak gimbal yang dipotong rambutnya memiliki beragam permintaan yang harus dikabulkan saat itu juga. Tradisi-tradisi seperti inilah yang selalu mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik yang berasal dari Jawa Tengah maupun luar Jawa. Dengan demikian, perekonomian daerah ikut terangkat dengan banyaknya wisatawan yang masuk ke Dieng. (Detik.com)

About The Author