Media Cyber Indonesia

Caption Foto : Jalan Dusun 1 Harapan Jaya kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ( PALI) Provinsi Sumatera Selatan digenanggi air. (Foto: M. Susanto/Versanews)

Warga Tanah Abang dan Pengguna Jalan Keluhkan Genangan Air di Jalan, Pemerintah Desa Diminta Segera Bertindak

Pali, Versanews – Genangan air di Jalan Dusun 1 Tanah Abang Jaya, kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Provinsi Sumatera Selatan, mengancam keselamatan warga dan pengguna jalan. Belum lama ini, seorang pengguna jalan mengalami insiden kecipratan air dari genangan tersebut saat melintasi jalan yang terendam air bersama kendaraan lain, Senin, (07/03/23).

Menurut warga setempat yang tidak ingin disebutkan namanya, genangan air tersebut sudah terjadi selama kurang lebih empat bulan. Ketika musim penghujan tiba, jalanan tersebut menjadi banjir karena drainase atau saluran air yang tidak berfungsi dengan baik. Masyarakat setempat berharap Pemerintah Desa dapat segera mengatasi masalah ini, terlebih lagi genangan air ini terletak di tengah-tengah kota dan dekat dengan puskesmas yang identik dengan kebersihan.

“Kami warga sini berharap Pemerintah terutama Pemerintah Desa segara mengatasi atau membersihkan drainase ini, terlebih ini sangat mengangu aktivitas masyarakat ini juga genangan air ini terletak di tengah-tengah kota dan juga dekat dengan puskesmas yang identik dengan kebersihan,” katanya.

Kepala Desa Tanah Abang, Irwansyah, saat dihubungi mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang mengajukan pinjaman alat berat untuk membersihkan genangan air tersebut. Belum lama ini, ada pipa yang pecah di wilayah tersebut sehingga alat berat tersebut terpaksa harus digunakan untuk keperluan tersebut.

“Nantilah kita lagi mengajukan pinjaman alat, alat beratnya berangkat ke Bulu Kuring, kalau pulang langsung ke TAJ ada pipa pecah disana,” tulis Kades Irwan melalui pesan singkatnya.

Sementara itu, Camat Tanah Abang, Edi Irwan SE MSi, membenarkan adanya genangan air tersebut. Ia juga menyatakan bahwa saluran drainase atau parit yang tertutup oleh rumput-rumput menjadi penyebab utama terjadinya genangan air di jalan tersebut. Ia telah menghubungi Kepala Desa Tanah Abang untuk segera mengatasi masalah ini agar tidak membahayakan keselamatan warga dan pengguna jalan di wilayah tersebut.

“Ya benar ada air tergenang disana karena saluran drainase atau parit sudah tertutup dengan rumput-rumput, tadi saya sudah hubungi Kades Tanah Abang Jaya bapak Irwansah untuk mengatasi agar jangan air mengenang di jalan,” ungkapnya.

Lanjut ia sampaikan, Pak Kades sedang berada di Pendopo jelas Camat Tanah Abang saat ia menghubunginya.

Pentingnya peran Pemerintah Desa dan warga dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Terlebih lagi, genangan air di jalan dapat membahayakan keselamatan warga dan pengguna jalan.

Laporan : M. Susanto

About The Author