Media Cyber Indonesia

Ilustrasi. Polisi India. (AP/Manish Swarup) / bbcindonesia.com
Caption Foto : Ilustrasi. Polisi India. (AP/Manish Swarup) / bbcindonesia.com

Negara Bagian India Paksa Polisi Diet atau Dipecat

JAKARTA – Salah satu negara bagian di India, Assam, menerapkan kebijakan baru yang memaksa seluruh anggota polisi untuk melakukan diet dan menurunkan berat badan mereka.

Pejabat kepolisian Assam memerintahkan para anggota polisi untuk menjaga indeks massa tubuh (BMI) mereka “tercatat secara profesional” sejak pertengahan Agustus. Anggota polisi yang tidak mematuhi perintah tersebut akan dipaksa mengundurkan diri atau dipecat. (19/05/23). dikutip dari BBCIndonesia.com, Jumat (19/05/23).

Baca juga : Curi HP Tetangga, Pria Ini Ditangkap Polisi

“Kami berencana memberikan waktu tiga bulan kepada semua personel kepolisian Assam (sebelum tes digelar),” demikian dikutip dari cuitan Direktur Jenderal Kepolisian Assam, GP Singh, di akun Twitternya. “Bagi mereka yang masuk dalam kategori obesitas (BMI 30+), masih akan diberikan waktu lagi selama tiga bulan untuk menurunkan berat badan,” tambahnya.

Kebijakan ini merupakan respons terhadap pernyataan kepala menteri Assam, Himanta Biswa, yang mengatakan bahwa sekitar 300 anggota polisi memiliki kebiasaan buruk dalam minum dan tidak dalam kondisi fisik yang baik. Pernyataan tersebut muncul setelah Assam ingin mengurangi personel yang dianggap tidak berguna dalam kepolisian India.

Kebijakan serupa juga telah diterapkan di negara bagian Karnataka pada tahun 2018, setelah banyak petugas kepolisian yang menderita penyakit terkait gaya hidup yang buruk seperti penyakit jantung dan diabetes.

About The Author