Media Cyber Indonesia

Gubernur Sumsel Herman Deru menerima penghargaan sebagai Tokoh Kepemimpinan Kearsipan Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Kader Kearsipan pada Tingkat Desa (Dok. Humas Pemprov Sumsel)
Caption Foto : Gubernur Sumsel Herman Deru menerima penghargaan sebagai Tokoh Kepemimpinan Kearsipan Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Kader Kearsipan pada Tingkat Desa (Dok. Humas Pemprov Sumsel)

Herman Deru Raih Penghargaan Kepemimpinan Kearsipan pada Tingkat Desa

PALEMBANG – Gubernur Sumsel H. Herman Deru kembali menambah daftar penghargaannya di tahun 2023. Kali ini, beliau dianugerahi penghargaan sebagai Tokoh Kepemimpinan Kearsipan Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Kader Kearsipan pada Tingkat Desa. Hal ini menjadikan Gubernur Herman Deru satu-satunya Gubernur yang menerima penghargaan bergengsi tersebut.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Drs. Imam Gunarto M Hum, melalui Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan Prof Dr H Edward Juliartha, dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan Tahun 2023. Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Kearsipan Nasional ke-52 yang diselenggarakan bersama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di El Hotel Royale Banyuwangi pada Senin (22/5/2023).

Prof Dr H Edward Juliartha, Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan, menjelaskan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada Gubernur Herman Deru atas komitmennya yang tinggi dalam memajukan pengembangan kearsipan di Sumsel. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah pembentukan Relawan Cinta Arsip yang mencakup desa-desa di berbagai kabupaten/kota di Sumsel.

Gubernur Herman Deru telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam membangun paradigma besar mengenai pentingnya kearsipan sejak memimpin Sumsel. Inovasi-inovasi seperti keahlian media kearsipan, penelusuran arsip, perbaikan arsip yang rusak, serta rencana pembangunan diorama arsip, galeri, dan pembentukan Relawan Cinta Arsip merupakan bukti nyata kepedulian beliau.

Pembentukan Relawan Cinta Arsip bertujuan sebagai jembatan komunikasi, penyedia informasi, dan lembaga pendidikan untuk menyelamatkan arsip penting sebagai bagian dari memori kolektif bangsa. Setiap desa direncanakan akan memiliki 3-5 orang relawan.

Selain penghargaan untuk Gubernur Herman Deru sebagai Tokoh Kepemimpinan Kearsipan Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Kader Kearsipan pada Tingkat Desa, penghargaan juga diraih oleh Lembaga Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan (LP3K) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sumsel. Mereka meraih Akreditasi B (Baik) untuk program pelatihan teknis bidang kearsipan, dinamis, dan statis.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Dr H Edward Juliartha, Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan, juga dipercaya menjadi Ketua Asosiasi Kepala Lembaga Kearsipan Daerah se-Indonesia untuk menggantikan Kepala Perpustakaan dan Arsip Jawa Barat. Hal ini menunjukkan kepercayaan dan pengakuan atas kinerja serta kontribusi yang telah dilakukan oleh Prof Dr H Edward Juliartha di bidang kearsipan.

Dengan penghargaan ini, Gubernur Herman Deru dan Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan terus menunjukkan komitmen mereka dalam memajukan pengembangan kearsipan. Melalui inovasi-inovasi dan program-program yang mereka lakukan, mereka berupaya membangun kesadaran akan pentingnya arsip sebagai bagian dari memori kolektif bangsa. Diharapkan langkah-langkah ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan memastikan keberlanjutan serta keberhasilan pengelolaan arsip di tingkat desa hingga provinsi.

Penghargaan yang diterima oleh Gubernur Herman Deru dan Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan ini menjadi bukti nyata dari upaya mereka dalam membangun dan mengembangkan kearsipan. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi mereka untuk terus melanjutkan kinerja dan kontribusi positif mereka dalam menjaga dan memajukan kearsipan di Sumatera Selatan.***

About The Author