Media Cyber Indonesia

Caption Foto : Gubernur Sumsel Herman Deru saat meninjau lokasi pembangunan jaringan listrik di wilayah Dusun Saluran, Banyuasin (Dok. Humas Pemprov Sumsel)

Berkat Gubernur Herman Deru, Mimpi Warga Desa Saluran Selama 30 Tahun untuk Nikmati Listrik Segera Terlaksana

PALEMBANG – Gubernur Sumsel Herman Deru berhasil mewujudkan impian puluhan tahun warga Dusun Saluran, Desa Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, untuk dapat menikmati aliran listrik. Progres yang telah ditunjukkan dalam upaya ini sangat menggembirakan.

Berdasarkan informasi dari GM PLN S2JB, Amris Adnan, yang diperoleh melalui Manager Komunikasi PLN S2JB, Sendy Rudianto, dari hasil survei yang dilakukan oleh PLN S2JB bersama Gubernur Sumsel dan jajarannya pada tanggal 16 Februari 2023 lalu, pembangunan jaringan listrik telah mencapai tahap penanaman tiang.

Hingga tanggal 4 Juni 2023, penanaman tiang telah mencapai 80% dari keseluruhan proyek. Diharapkan PLN dapat menyelesaikan pembangunan jaringan tegangan menengah sepanjang 4,25 kilometer tepat waktu, dengan target penyelesaian pada bulan Juni 2023.

Hal ini akan memungkinkan sekitar 250 kepala keluarga di Desa Saluran untuk segera menikmati aliran listrik.

“PLN mengucapkan terima kasih atas dukungan dari pemerintah daerah setempat karena kerjasama yang baik memungkinkan PLN bekerja secara maksimal menghadapi berbagai hambatan dalam proses penerangan,” jelas Amris Adnan.

Dilihat dari hasil progres tersebut, diperkirakan minggu depan pihak PLN akan mulai melakukan penarikan jaringan.

Sementara itu, melalui akun Instagram desa_saluran, terlihat bahwa sejumlah warga sangat antusias melihat petugas PLN yang sedang memasang tiang listrik di Desa Saluran.

Bahkan dalam video terbaru yang diunggah oleh akun Instagram desa_saluran 5 hari yang lalu, banyak ungkapan rasa terima kasih kepada Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan PT. PLN yang disampaikan oleh warga melalui caption dan kolom komentar.

Salah satu caption dalam postingan tersebut berbunyi, “Setelah lebih dari 30 tahun warga dusun kami hidup tanpa penerangan listrik, kini progres pembangunan sudah mulai berjalan. Semoga kehidupan warga dusun kami menjadi lebih baik dalam segala aspek. Terima kasih Bapak Gubernur Sumsel @hermanderu atas perhatian dan kepeduliannya dalam upaya pemerataan pembangunan di dusun kami.”

Terdapat juga komentar dari akun megazora.co yang berbunyi, “Ya Allah, terima kasih Pak Haji Herman Deru, telah membuka hatinya untuk menolong masyarakat yang memiliki tanah di daerah Saluran. Selama ini, kami sering menghadapi kesulitan hidup karena tidak ada akses listrik. Meskipun tanah kami tidak terlalu luas, tetapi kami memiliki arti yang penting bagi kami yang hidup dengan sederhana. Semoga amal jariyah Pak Haji Herman Deru terus mengalir, diberi umur panjang, kesehatan jasmani dan rohani. Barokallah tabarokallah amin.”

Pada bulan Februari 2023, Gubernur Sumsel H. Herman Deru telah mengunjungi Dusun Saluran, Desa Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin. Kunjungannya tersebut menjadi viral karena diketahui bahwa dusun tersebut telah lama tidak tersentuh oleh aliran listrik dan pembangunan selama puluhan tahun.

Untuk menjawab kebutuhan warga akan listrik, Gubernur Herman Deru bersama GM Unit Induk Distribusi (UID) PLN S2JB, Amris Adnan, serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, telah bekerja sama dengan baik. Progres yang telah dicapai sejauh ini menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam pembangunan jaringan listrik di Dusun Saluran.

Dengan adanya penanaman tiang yang telah mencapai 80% pada tanggal 4 Juni 2023, diharapkan warga Desa Saluran segera dapat menikmati listrik dalam waktu dekat. Proyek ini merupakan hasil dari kerja keras dan perhatian Gubernur Herman Deru serta dukungan penuh dari PLN.

Dalam beberapa postingan Instagram desa_saluran, terlihat rasa antusias warga menyambut kehadiran petugas PLN yang sedang bekerja memasang tiang listrik di desa mereka. Banyak ungkapan terima kasih yang disampaikan oleh warga melalui caption dan kolom komentar dalam video terakhir yang diunggah oleh akun tersebut.

Pembangunan jaringan listrik di Dusun Saluran ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan warga dusun. Setelah lebih dari 30 tahun hidup tanpa penerangan listrik, adanya progres pembangunan ini memberikan harapan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.***

About The Author