Media Cyber Indonesia

Caption Foto : Gubernur Sumsel saat menghadiri Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Sumsel Tahun 2023 di Hotel Beston (Dok. Humas Pemprov Sumsel)

Herman Deru Mendorong Kerjasama dengan INKINDO Kegiatan Konstruksi dan Non Konstruksi

PALEMBANG – Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, memberikan pesan penting saat membuka Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Sumsel Tahun 2023 di Hotel Beston, pada Selasa (6/6/23) pagi.

Dalam sambutannya, selain mengharapkan para konsultan memasukkan ciri khas Sumsel dalam setiap rencana pembangunan, Herman Deru juga menekankan pentingnya menghasilkan rekomendasi yang produktif dalam Rakerprov INKINDO Sumsel 2023.

Gubernur menginginkan agar setiap perencanaan pembangunan bangunan baru tetap mempertahankan ornamen kearifan lokal.

Ciri khas Sumsel, seperti tanjak baik dalam gambar maupun replika, serta ornamen songket atau senjata adat, diharapkan dapat digunakan.

Tujuan penggunaan berbagai ciri khas ini adalah untuk mengingatkan generasi muda, terutama milenial dan generasi Z, akan kekayaan budaya yang tak ternilai. Dengan demikian, diharapkan mereka tidak akan melupakan dan turut serta dalam melestarikannya.

Selanjutnya, Herman Deru menggarisbawahi peran INKINDO sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan kegiatan konstruksi maupun non konstruksi, termasuk dalam bidang pengawasan.

Gubernur menjelaskan bahwa diperlukan quality control dan quantity control dalam setiap proyek, sehingga Rakerprov ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang produktif baik bagi internal INKINDO maupun eksternal.

Gubernur Herman Deru juga mengapresiasi penyelenggaraan Rakerprov ini karena dianggap dapat membantu pemulihan ekonomi di Sumsel pasca Pandemi Covid-19.

Kehadiran tamu dari luar daerah dapat meningkatkan okupansi dan bisnis kuliner di wilayah tersebut. Ia juga menyoroti pentingnya Rakerprov ini sebagai upaya literasi masyarakat terhadap peran penting jasa konsultan dalam pembangunan.

Dalam pembangunan infrastruktur, peran jasa konsultan sangat penting untuk mencapai percepatan pembangunan.

Oleh karena itu, diperlukan kerjasama dan kebersamaan dari seluruh masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur yang efisien dan berkualitas di Sumatera Selatan maupun Indonesia pada umumnya.

Dengan diberlakukannya Perda Jasa Konstruksi No. 2 tahun 2022, tentang Pembinaan Jasa Konstruksi Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Badan Usaha Lokal dan Tenaga Kerja Lokal mendapatkan kesempatan lebih dalam pekerjaan konstruksi di Sumatera Selatan.

Pada pasal 17 disebutkan bahwa tenaga kerja konstruksi yang berasal dari provinsi tersebut diutamakan. Namun, jika tenaga kerja lokal tidak mencukupi, dapat menggunakan tenaga kerja konstruksi dari luar provinsi dengan syarat melakukan alih pengetahuan dan alih teknologi sesuai dengan peraturan Gubernur.

Oleh karena itu, tantangan yang dihadapi oleh dunia jasa konstruksi adalah peningkatan kualitas dan kapasitas penyedia jasa.

Asosiasi, termasuk INKINDO sebagai salah satu organisasi tertua yang menaungi konsultan di seluruh Indonesia, harus berperan aktif dalam mengembangkan kemampuan pelaku usaha jasa konsultansi konstruksi, baik tingkat lokal maupun nasional.

Hal ini akan memungkinkan pengusaha jasa konsultansi terlibat langsung dalam pembangunan infrastruktur di daerahnya sendiri dan dapat bersaing di skala nasional.

Gubernur Herman Deru berharap bahwa produktivitas para pengusaha dapat terus ditingkatkan melalui sinergi dengan berbagai pihak dalam masyarakat konstruksi.

Ketua Umum DPN INKINDO, Erie Heryadi, menyatakan bahwa tema Rakerprov kali ini, “Meningkatkan Kompetensi dan Daya Saing Jasa Konsultan,” sangat relevan dengan tujuan INKINDO untuk menuju profesionalisme dalam dunia konsultasi.

Tujuan tersebut adalah agar anggota INKINDO terhindar dari masalah hukum dan dapat bekerja dengan lebih profesional di masa depan.

Ketua DPP INKINDO Sumsel, Erza Sembiring, menyebutkan bahwa saat ini terdapat 165 anggota INKINDO di Sumsel.

Dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan, ia menghimbau para anggota untuk meningkatkan kompetensi, personel, dan tenaga ahli agar dapat berkontribusi dalam persiapan infrastruktur Sumsel di masa mendatang.

Ia juga menekankan pentingnya pengalaman dan persaingan yang sehat dalam industri ini.

Acara pembukaan Rakerprov ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Herman Deru, diikuti dengan pemberian cinderamata.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPN INKINDO, Kasim Kasmin ST.SH, Koordinator Perwakilan Jawa INKINDO, Ir. Irwan Susilo, Koordinator Perwakilan Sumatera INKINDO, Ir. Yanuar Mahdi, dan Ketua Panitia Pelaksana, Ade Wawan.***

About The Author