Media Cyber Indonesia

Caption Foto : Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru dalam acara Pengukuhan Kepala BPS Provinsi Sumsel Mohammad Wahyu Yulianto di Auditorium Bina Praja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, Rabu (7/6/2023). (DOK. Humas Pemprov Sumsel)

Herman Deru: Data BPS Miliki Peran Penting dalam Kesuksesan Pembangunan Sumsel

PALEMBANG – Badan Pusat Statistik (BPS) memiliki peran yang sangat penting dalam penentuan kebijakan pemerintah dan menjadi navigasi dalam mencapai kesuksesan pembangunan.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengungkapkan bahwa data dari BPS menjadi “dashboard” kendaraan yang memberikan indikator-indikator penting bagi keberhasilan pengemudi atau pemerintah dalam menjalankan kebijakan.

“(Ada) korelasinya dengan BPS. Hal ini (membuat) saya menjalankan semua kebijakan menggunakan navigator, yaitu data,” ujar Herman dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (7/6/2023).

Herman Deru menjelaskan bahwa sinergi antara pemerintah dan BPS sangat penting dalam memastikan navigasi yang akurat.

Sepanjang masa jabatannya sebagai Bupati dan Gubernur, Herman Deru mengakui bahwa peran BPS sangat membantu dalam menjalankan pembangunan di daerah.

Data yang disajikan oleh BPS memiliki nilai strategis dalam membaca kondisi terkini dan menentukan kebijakan.

Misalnya, dalam menjadikan Sumsel sebagai daerah pengendali inflasi, informasi yang diberikan oleh BPS sangat membantu dalam memastikan stabilitas ekonomi.

Herman Deru berharap adanya sinergi yang terus berlanjut antara pemerintah dan BPS dalam menentukan arah kebijakan selanjutnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur atas dukungannya dalam mengukuhkan Kepala BPS Provinsi Sumsel yang baru.

Sekretaris Utama BPS RI, Atqo Mardiyanto, mengungkapkan bahwa BPS memiliki tugas yang penting dalam menyajikan data berkualitas dan strategis untuk merumuskan kebijakan.

Dukungan kuat dari pemerintah daerah, OPD, dan masyarakat sangat diperlukan untuk memastikan data yang baik.

BPS Sumsel telah bekerja dengan baik bersama Pemerintah daerah Sumsel, termasuk dalam program Regsosek yang mendapatkan dukungan penuh dan berjalan lancar serta sukses.

Hal ini memberikan semangat kepada BPS untuk terus menyajikan data berkualitas dan akurat dalam mendukung pembangunan Sumsel.

Dalam kesimpulannya, kerja sama antara pemerintah dan BPS dalam pengumpulan dan pemanfaatan data yang berkualitas merupakan faktor krusial dalam membangun dan mengambil kebijakan yang tepat.

Data yang akurat dari BPS menjadi landasan yang kuat dalam mencapai kesuksesan pembangunan dan memastikan stabilitas ekonomi di Provinsi Sumsel.***

About The Author