Media Cyber Indonesia

Caption Foto : Gubernur Sumsel H. Herman Deru meluncurkan kartu pelajar dan Bank Mini di SMK Negeri 1 Desa Mulya Jaya SP 3, Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur, pada hari Minggu (11/6/23).

Gubernur Sumsel Herman Deru Apresiasi Peluncuran Bank Mini SMK di OKU Timur

PALEMBANG – Gubernur Sumsel H. Herman Deru meluncurkan kartu pelajar dan Bank Mini di SMK Negeri 1 Desa Mulya Jaya SP 3, Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur, pada hari Minggu (11/6/23).

Peluncuran kartu pelajar dan Bank Mini ini merupakan hasil kerjasama antara SMK Negeri 1 Semendawai Timur dengan Bank Sumsel Babel.

Gubernur Herman Deru memberikan apresiasi terhadap langkah tersebut. Melalui Bank Mini ini, siswa dan siswi diharapkan dapat lebih bijaksana dalam mengelola keuangan mereka.

“Kami sangat mendukung adanya Bank Mini ini. Namun, siswa-siswi juga perlu diberikan pembinaan terkait perbankan,” ujar Herman Deru.

Dengan adanya pembinaan perbankan, siswa-siswi diharapkan dapat lebih terampil dalam mengatur keuangannya.

“Banyak orang yang dapat menghasilkan uang, tetapi tidak dapat memanfaatkannya dengan baik. Bank Mini ini merupakan langkah yang baik untuk membuat siswa-siswi menjadi lebih bijaksana dalam pengelolaan keuangan,” tambahnya.

Dia menyebutkan bahwa langkah ini juga merupakan upaya untuk memberikan bekal perbankan kepada generasi muda dalam menghadapi bonus demografi pada dua dekade mendatang, tepatnya pada tahun 2045.

“Sumsel terus mengalami kemajuan. Namun, masih banyak yang harus kita lakukan karena dalam dua puluh tahun mendatang, generasi muda saat ini yang akan mengelola negara ini,” jelasnya.

Oleh karena itu, dia menjelaskan bahwa pembekalan pengetahuan di berbagai sektor harus dilakukan secara luas agar generasi muda semakin siap memanfaatkan bonus demografi ini.

“Bonus demografi ini merupakan hal yang menguntungkan, tetapi dapat menjadi bencana jika generasi muda tidak diberikan bekal yang cukup,” ungkapnya.

Menurutnya, guru memiliki peran dan tanggung jawab yang besar dalam memberikan pendidikan kepada generasi muda, terutama dalam era informasi yang terbuka seperti sekarang. Guru harus dapat menyesuaikan diri sehingga ilmu yang mereka ajarkan dapat menjadi panduan bagi para muridnya.

“Tanggung jawab guru semakin besar di tengah era informasi yang terbuka saat ini. Dunia tidak memiliki batasan lagi karena segala hal dapat diketahui dengan cepat. Oleh karena itu, guru harus dapat menyesuaikan diri agar upaya membekali generasi muda berjalan dengan baik,” paparnya.

Wakil Bupati OKU Timur H. M. Adi Nugraha Purna Yudha juga mengatakan bahwa OKU Timur terus berupaya untuk memajukan masyarakat.

“Kemajuan masyarakat ini juga berkat peran Gubernur. Gubernur terus memberikan dukungan untuk kemajuan pendidikan di Sumsel, termasuk OKU Timur,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Semendawai Timur, Sumar Sugianto, menjelaskan bahwa pendirian Bank Mini ini merupakan langkah sekolah untuk mengajarkan siswa-siswinya tentang hidup hemat.

“Kami bekerja sama dengan BSB untuk membuka Bank Mini ini. Kami berharap sikap hidup hemat dapat tumbuh pada siswa-siswi kami,” tambahnya.

Dia juga menyebutkan bahwa sekolah yang dipimpinnya telah mengalami perkembangan yang pesat.

“Perkembangan SMK ini sangat pesat. Bahkan siswa-siswa kami sudah dapat memodifikasi dan membuat mobil saat praktik. Hal ini juga berkat dorongan dari Gubernur,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa dorongan yang diberikan oleh Gubernur Herman Deru memiliki dampak yang sangat baik.

“Dampaknya tidak hanya dirasakan oleh sekolah, tetapi juga oleh masyarakat. Bantuan berbagai macam terus diberikan, termasuk akses jalan sehingga kami tidak mengalami kesulitan. Kami sangat berterima kasih,” tutupnya.

Diketahui bahwa peluncuran kartu pelajar dan Bank Mini ini juga berbarengan dengan peringatan HUT SMK Negeri 1 Semendawai Timur yang ke-10 dan acara wisuda siswa-siswi tahun ajaran 2022-2023.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Kormi Sumsel Hj Samantha Tivani Herman Deru, para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel dan Pemerintah Kabupaten OKU Timur, serta staf SMK Negeri 1 Semendawai Timur.***

X