Media Cyber Indonesia

Caption Foto : Pengukuhan Forum Pimpinan Redaksi Multimedia Indonesia (FPRMI)di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (30/08/2023).(istimewa).

Dewan Pers Apresiasi Hadirnya Forum Pimred, Prof. Bagir Manan: FPRMI, Kawal Kebebasan Pers

Jakarta, Versanews – Dewan Pers apresiasi hadirnya Forum Pimpinan Redaksi Multimedia Indonesia (FPRMI). Dewan Pers mengharapkan kehadiran Forum ini dapat menambah wahana baru sebagai tempat berinteraksi, berbagi, juga melakukan hal-hal yang positif dalam ikut menjaga pers sebagai salah satu pilar demokrasi di Indonesia. Pers harus lebih mandiri, bertumbuh positif secara kualitas dan bertanggung jawab. Demikian disampaikan Asep Setiawan, Ketua Komisi Kemitraan dan Infrastruktur Organisasi Dewan Pers periode 2022 – 2025, saat menjadi pembicara kunci pada Pengukuhan Pengurus FPRMI dan Seminar bertema Penguatan UMKM dan Ultra Mikro, di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (30/08/2023).

Seminar tentang penguatan UMKM dan Ultra Mikro ini menghadirkan dua nara sumber, yakni Regional Manager PT PNM Ahmad Satria dan Sekretaris PT Pegadaian Yudi Sadono. Sementara, Ketua Dewan Pers 2010-2016 Prof Dr. H. Bagir Manan, SH, M.C.L., mengajak segenap pengurus yang baru dikukuhkan agar dapat mengawal kebebasan pers sebagaimana amanat undang-undang 40/1999.

Prof Dr. H. Bagir Manan, SH, M.C.L. saat memakai Jaket Forum Pimpinan Redaksi Multimedia Indonesia (FPRMI).

Hal ini perlu diingatkan kembali agar dalam bependapat pers tidak menyalahartikan kebebasan pers itu. Bagir Manan mengutarakan, tidak ada pers bebas yang sebebas-bebasnya. “Kebebasan tidak akan mengurangi tanggung jawab kita,” kata mantan Ketua Mahkamah Agung RI Periode 2001 – 2008 ini. Pers bebas hanya ada di alam demokrasi dan negara yang memegang teguh hukum sebagai pedoman. Pers dan karya jurnalistik adalah produk intelektual. Itu sebabnya dia berharap jurnalis senantiasa ada di dalam lingkungan atau atmosfir intelektual. Intelektualitas dibatasi etika. Selain itu, intelektualitas juga memerlukan keberanian. “Para pemberani itulah yang menjadi simbol keadilan dan kebenaran,” tegas Bagir Manan didampingi Dewan Pembina FPRMI Indonesia HM Untung Kurniadi.

Hadir juga dalam acara pengukuhan Direktur Organisasi Masyarakat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Risnandar Mahiwa dan pengurus anggota Konstituen Dewan Pers, dan para tamu undangan lainnya.

Pengukuhan Forum Pimpinan Redaksi Multimedia Indonesia (FPRMI)di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (30/08/2023).(istimewa).
Pengukuhan Forum Pimpinan Redaksi Multimedia Indonesia (FPRMI)di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (30/08/2023).(istimewa).

Pengurus FPRMI (Forum Pimpinan Redaksi Multimedia Indonesia) Periode 2023-2028 yang dikukuhkan :

  • Ketua Umum : Bernadus Wilson Lumi (CEO Media Grup)
  • Wakil Ketum I : Iqbal Irsyad (Voice of Indonesia/voi.id)
  • Wakil Ketum II : Edi Junaidy (tangerangonline.id)
  • Sekretaris Jenderal : Muhamad Solihin (ipol.id)
  • Wakil Sekjen : Heru Siswanto (Versa News)
  • Wakil Sekjen : ST. Eries Adlin (ayoJakarta.com)
  • Wakil Sekjen : Farida Denura (arahkita.com)
  • Wakil Sekjen : Hengki Lumban Toruan (sketsindonews.com)
  • Wakil Sekjen : Radi Iswan (bidiktangsel.com)
  • Bendahara Umum : Badar Subur (SK Surya Pagi/suryapagi.com)
  • Wabendum : Jumaedi Achmad Abdullah (siarnitas.id)
  • Wabendum : Yuli Suharti (ipol.id)

Ketua-Ketua Bidang :

Ketua Bidang Keanggotaan : Hendrata Yudha Wardana (mimbarpublik.com), Ketua Bidang Pemberdayaan Organisasi : Firdaus Baderi (Harian Neraca), Ketua Bidang Kerjasama & Antarlembaga : Helmy Halim (Raya Media Grup), Ketua Bidang Infokom/Humas : Mercys Charles Loho (Majalah CEO), Ketua Bidang Luar Negeri : Ernawati Siahaan (lintasbudaya.com), Ketua Bidang Konfergensi Media : Aldi Gultom (akurat.co), Ketua Bidang Kompetensi Pers : Rajab Ritonga (indomaritim.id), Ketua Bidang Pendidikan & Literasi Media : Dadang Sugandi (beritabuana.co), Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan : Rudolf Simbolon (wartapembaruan.co.id), Ketua Bidang Ekosistem Digital & Siber Media : Suryansyah (monitordepok.com), Ketua Bidang Pariwisata, Budaya dan Ekonomi Kreatif : Gabriel Bobby (patadaily.id), Ketua Bidang Pengembangan UMKM: Hurri Rauf (bernasindonesia.com).

Direktur Eksekutif : Corry Olivia, Sekretaris Eksekutif : Fitrie Kelompok Kerja Keberlanjutan Media : Yoyok P. Cahyo (rmnindonesia.id), Imam Solehudin (indonesiaupdate.id), Maya Yulianti (firstindonesiamagz.id), (red/istimewa).

About The Author