Media Cyber Indonesia

Caption Foto : Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mampu menempati urutan ke dua kabupaten tercepat penyampaian inovasi pada Inovation Government Award (IGA) tahun 2023 masuk dalam urutan 100 besar kabupaten saat ini dari 514 kabupaten kota yang ada di Indonesia sebagai salahsatu daerah yang inovatif.

Baru Berusia 10 Tahun, Kabupaten PALI Jadi Salah Satu Daerah Paling Inovatif

PALI, Versa.news – Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), yang baru berusia 10 tahun, meraih peringkat kedua dalam penyampaian inovasi pada Inovation Government Award (IGA) tahun 2023. Kabupaten ini berhasil masuk dalam urutan 100 besar dari 514 kabupaten kota di Indonesia yang dianggap inovatif. (05/9/23).

Bupati Heri Amalindo mengungkapkan kebanggaannya, “Alhamdulillah, meski Kabupaten PALI baru berusia 10 tahun, kami berada di peringkat bawah 100 dari 514 kabupaten kota di Indonesia. Ini bukan kata-kata saya, tetapi data dari Badan Riset dan Inovasi Nasional. Ini adalah pencapaian luar biasa.”

Amalindo menekankan bahwa keberhasilan ini tidak hanya berkat kepemimpinannya sendiri, tetapi juga kerja keras semua elemen masyarakat, organisasi perangkat daerah (OPD), dan pelajar yang terus berkontribusi dengan gagasan dan inovasi untuk membangun kabupaten PALI.

“Dalam kesempatan ini, Pemkab PALI memberikan semangat kepada generasi muda dan masyarakat kami untuk terus berinovasi,” tambahnya.

Amalindo juga mendorong para inovator untuk terus berpikir kreatif. “Seorang inovator adalah seseorang yang mampu menciptakan sesuatu dari yang belum ada menjadi ada. Tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Raihlah cita-cita setinggi langit, kalau pun jatuh, jatuhnya di atas bintang-bintang,” ujarnya.

Kepala Balitbang Kabupaten PALI, Khairiman, SPt MSi, mengungkapkan bahwa ada 78 inovator yang berpartisipasi dalam PALI Innovation Award 2023, yang dimulai beberapa bulan yang lalu. Tim penilai terdiri dari para ahli yang memiliki kredibilitas dalam bidang inovasi.

Bupati Kab. Pali, Heri Amalindo.

“Melalui kegiatan inovasi daerah ini, kami berharap dapat meningkatkan indeks inovasi daerah. Kabupaten PALI termasuk dalam kategori yang sangat inovatif, dengan penyampaian inovasi tercepat pada tahun 2023,” katanya.

Kegiatan inovasi ini juga mencakup berbagai kategori seperti kesehatan, pendidikan, pertanian, perangkat daerah, dan desa serta kelurahan. Produk inovatif saat ini sedang menjalani uji laboratorium dan jika berhasil, akan diproduksi secara massal oleh Pemkab PALI.

“Kami berharap semua elemen masyarakat PALI terus menciptakan terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya. (ADV/M. Susanto)

About The Author