Media Cyber Indonesia

Alex Prabu Sebut Ada beberapa RT/RW di Tangsel Belum Terima Insentif

TANGSEL, Versa.News -Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Alexander Prabu, meminta Pemkot Tangsel segera mencairkan dana insentif bagi RT/RW.

Soal insentif RT/RW itu belum cair, diungkapkan Alex, diantaranya terdapat di Kelurahan Rawa Mekar Jaya dan Kelurahan Ciater di Kecamatan Serpong. Ada juga di wilayah Keranggan, Kecamatan Setu.

“Saya banyak sekali mendapat laporan mengenai dana insentif RT/RW ini belum dibayar. Dari bulan Juli, Agustus dan September. Harusnya itu sudah dibayarkan,” kata Alex di Gedung DPRD Kota Tangsel, Kamis (19/10/2023).

Alex menegaskan, dengan disegerakannya dana insentif di cairkan kepada RT/RW, hal itu menjadi wujud terimakasih pemerintah daerah bagi RT/RW yang selama ini menjadi garda terdepan di masyarakat.

“Kalau bisa dianggarkan langsung selama 12 bulan, jangan nunggu-nunggu lagi. Karena itu kan hak-hak nya mereka, ngak usah di tahan-tahan. Mereka ini kan garda terdepan di masyarakat,” jelas Alex.

Anggota Komisi lV DPRD Kota Tangsel itu bilang, bagi RT/RW yang rajin membuat laporan kinerja di wilayahnya masing-masing, harus segera dibayarkan insentifnya, serta tidak perlu menunggu RT/RW yang belum membuat laporan kinerja.

“Jadi kan fair, jika kinerja RT/RW bagus maka akan mendapat penghargaan berupa insentif. yang ngak rajin, nggak usah dibayarkan sampai mereka menunjukkan kinerja berupa laporan triwulan,” beber Alex.

Begitupun soal dana insentif RT/RW belum dicairkan, Alex mengaku pernah menanyakan hal tersebut kepada salahsatu kelurahan di wilayah Kecamatan Serpong. Keterangan yang ia dapat dari pihak kelurahan, insentif untuk RT/RW belum cair dikarnakan APBD Perubahan 2023 belum ketuk palu oleh DPRD Tangsel.

“Saya tanya lurah, APBD Perubahannya belum cair. Kalau APBD Perubahan itu kan sudah disetujui dan sudah ketuk palu, ini kan jadi simpang siur. Tapi terlepas dari itu, saya berharap hak mereka harus dibayarkan,” sambung Alex.

Disinggung berapa besaran dana insentif yang diterima RT/RW selama bulan Juli, Aguatus dan September 2023 ini, yakni sebesar sebesar Rp 2.250 ribu. Sementara insentif bagi RT/RW 2024 nanti, akan ada kenaikan sebesar Rp 250 ribu setiap bulan.

“Tahun 2024, insentif akan kita naikkan menjadi 1 juta per bulan. Jadi ada kebaikan Rp 250 per bulan,” pungkasnya. (Dra)

About The Author