Media Cyber Indonesia

Caption Foto : Kampus STISIPOL Candradimuka Palembang gelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XXVI Tahun 2022 , bertempat di Desa Tebing Gerinting Kecamatan Indralaya Selatan

Rebranding Dodol Agar Makin Dikenal Luas, Gelar KKN Kampus Stisipol Candradimuka Palembang

Palembang – Kampus STISIPOL Candradimuka Palembang gelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XXVI Tahun 2022, bertempat di Desa Tebing Gerinting Kecamatan Indralaya Selatan.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 1-31 Agustus 2022, dihadiri Camat Indralaya Alfrido Citra Hazan SH, Dosen Pembimbing Lapangan Trecy Austin MSi dan Mahasiwa KKN dari Kelompo 8 sebanyak 20 orang.

Kegiatan KKN bertemakan “(Village Branding) Goes to Global”. Mahasiswa dengan sigap mengambil pilihan spesifik yaitu Rebranding Dodol, bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Trecy Austin MSi yang dikenal aktif dalam hal penelitian dan pemberdayaan masyarakat.

Dodol Lokal

Neneng Awaliyah, seorang pebinis dodol yang telah menekuni bisnis dodol selama tiga generasi berturut-turut juga turut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Tema spesifik yang dipilih bukan tanpa alasan, perlunya mengangkat dodol sebagai produk lokal yang harus dibantu brandnya agar lebih dikenal di pasar nasional.

Dodol lokal diolah secara tradisional, mulai dari proses pembuatan hingga pemasaran. Produk Dodol lokal sekarang sudah sangat sulit ditemukan, bahkan di daerah produksi dodol tersebut, yang tersisa sekarang yang terlihat hanya proses pembuatan produk lokal lainnya seperti kerupuk dan kemplang.

Produk dodol lokal tersedia dalam dua varian, original dan rasa durian. Varian rasa ini dimaksud agar pelanggan dapat memilih rasa dan menambah kecintaan pada dodol lokal.

Produk dodol lokal juga siap mengikuti permintaan pelanggan akan rasa dodol lokal yang mereka pesan sesuai dengan keinginan mereka.

Memiliki banyak varian rasa akan membuat dodol lokal semakin variatif dalam pilihan rasa, variatif rasa biasanya dapat dijumpai saat acara pernikahan di daerah tersebut.

Bahan pembuatan dodol lokal menggunakan bahan natural, diantaranya” ketan, kelapa, gula aren, gula pasir dan pemberian rasa, bila rasa durian yang diinginkan, maka durian dimasukkan kedalam adonan dodol selama proses dimasak.

“Kegiatan KKN kali  ini diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat setelah kondisi covid 19, serta dapat menumbuhkan kreatifitas atau semangat di kalangan masyarakat dalam menumbuhkan UMKM di Sumatera Selatan khususnya di Indralaya. (YL)

About The Author