Media Cyber Indonesia

Caption Foto : Muhammad Isnaini, Komisaris Independen PT Pegadaian. (Foto: Ist.)

Muhammad Isnaini Dilantik Jadi Komisaris Independen Pegadaian

Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama dengan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) secara resmi telah mengumumkan penunjukan Muhammad Isnaini sebagai Komisaris Independen PT Pegadaian.

Keputusan ini berdasarkan Keputusan dengan Nomor: SK-281/MBU/10/2023 dan Nomor: 1068-DIR/HCB/10/2023 tentang Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris PT Pegadaian pada 11 Oktober 2023.

Melalui Keterbukaan Informasi BEI, penunjukan Isnaini tersebut wajib terlebih dahulu mengikuti serangkaian persyaratan ketat yang diatur oleh BUMN, termasuk persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Nantinya, Direksi PT Pegadaian diharuskan untuk mengajukan permohonan tertulis kepada OJK untuk melaksanakan Penilaian Kemampuan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) terhadap calon anggota Dewan Komisaris. Selain itu, Isnaini dilarang merangkap jabatan.

“Bagi anggota Dewan Komisaris yang diangkat sebagaimana dimaksud yang mash menjabat pada jabatan lain yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan untuk dirangkap dengan jabatan Dewan Komisaris Anak Perusahaan Badan Usaha Milik Negara, maka yang bersangkutan harus mengundurkan diri atau diberhentikan dari jabatannya tersebut,” sebagaimana tertuang dalam berita tersebut, dikutip Senin, (16/10/2023).

Perlu diketahui, Muhammad Isnaini memiliki latar belakang yang beragam sebelum menjadi Komisaris Pegadaian. Dia telah berkarier sebagai jurnalis, manajer promosi, kontributor di IndonesiaKreatif.com yang berafiliasi dengan Kementerian Pariwisata, dan memegang posisi manajerial di PT Agro Solo Lestari.

Selain itu, Isnaini juga memiliki pengalaman sebagai jurnalis di majalah CSR “Stakeholder” Solo. Saat ini, dia juga menjabat sebagai Komisaris PT Primissima dan Komisaris Independen PT Adhi Commuter Properti. (ril)

About The Author