vaksin kedaluwarsa
Wamenkes Ungkap Nasib 40,2 Juta Vaksin COVID-19 Kedaluwarsa, Bakal Dimusnahkan
- Advertisements -
Kampanye dan sosialisasi antikorupsi terus digaungkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memperkenalkan nilai-nilai antikorupsi kepada masyarakat. Salah satu cara yang KPK lakukan dengan menggandeng konten kreator lokal di Kota Palembang, Sumatera Selatan dalam rangkaian kegiatan Roadshow Bus KPK ‘Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi’, Sabtu (10/9). (Foto: KPK)

KPK Ajak Masyarakat Kota Palembang Hindari Korupsi

Share on twitter
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram

Palembang, Versanews – Kampanye dan sosialisasi antikorupsi terus digaungkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memperkenalkan nilai-nilai antikorupsi kepada masyarakat. Salah satu cara yang KPK lakukan dengan menggandeng konten kreator lokal di Kota Palembang, Sumatera Selatan dalam rangkaian kegiatan Roadshow Bus KPK ‘Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi’, Sabtu (10/9).

Melalui kegiatan digital community gathering, KPK mempertemukan konten kreator lokal dari setiap kota untuk memberikan pemahaman sekaligus memaknai prinsip kejujuran dalam berkreativitas. Hal ini disampaikan Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Direktorat Sosialisasi dan Kampanye (Soskam) Antikorupsi, Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Dian Rachmawati.

“Di era digital seperti ini, kian banyak bermunculan konten kreator (key opinion leader) yang mudah ditemui di kota metropolitan. Selain berkreativitas, peran mereka tentu harus dibekali dengan pemahaman nilai-nilai antikorupsi atas karya yang membuat dirinya dibanggakan di daerah asalnya seperti di Palembang ini,” ungkap Dian.

Maka dari itu, KPK melalui Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi pada kesempatan tersebut lebih menekankan tentang prinsip kejujuran dalam berkreativitas, menjaga orisinalitas karya, inovasi, serta kerja keras untuk meningkatkan karir dalam dunia industri.

“Selain mengkampanyekan nilai antikorupsi bersama konten kreator, KPK juga memberikan pemahaman kepada mereka mengenai kebanggaan atas karya original yang telah mereka buat.  Terlebih memberi kesadaran agar mereka mampu memberikan pengaruh positif, khususnya di tanah kelahiran atau domisili mereka,” kata Dian.

Sebagai ajang saling berbagi pengalaman, Dian juga mendorong para konten kreator untuk membuat sebuah karya original yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Tidak ketinggalan dengan memperkuat nilai-nilai karakter pada generasi muda dengan sembilan nilai antikorupsi.

Oleh karenanya, kampanye perlu dilakukan mengingat pemberantasan korupsi di Indonesia tidak cukup hanya dengan melakukan tindakan represif. Namun juga memerlukan tindakan preventif atau pencegahan, sehingga perlu kolaborasi Pemerintah Pusat dan Daerah untuk mendorong peran serta seluruh masyarakat untuk memahami nilai-nilai antikorupsi.

“Kampanye sosialisasi antikorupsi dapat dijalankan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan integritas yang ada di lingkungan masyarakat.  Kita kumpul untuk saling berdiskusi, sharing, bagaimana caranya memberantas korupsi yang tidak bisa dilakukan hanya dengan penindakan, masih diperlukan strategi-strategi lain diantaranya perbaikan sistem dan kesadaran, serta pemahaman atas sikap antikorupsi,” jelas Dian.

Dian juga menegaskan, kekuatan yang besar dalam memberikan pengaruh terhadap orang lain bisa dikemas dalam bentuk yang positif. Maka dampak yang diberikan akan baik kepada masyarakat dari masa sekarang hingga masa depan, serta kata-kata yang baik bisa disebarkan dalam bentuk produksi konten positif di media sosial.

Setelah kegiatan ini, para konten kreator mengatakan akan mencoba membuat berbagai konten positif mengenai integritas dan antikorupsi, dimulai dari hal-hal kecil di keseharian. Misalnya tentang kedisiplinan, contoh tindakan koruptif yang kerap terjadi adalah tidak disiplin waktu, atau tentang mencontek yang melanggar nilai integritas kejujuran.

Parak konten kreator juga mengakui, kegiatan ini berhasil membuka pemahaman mereka tentang kekuatan konten dalam memberikan dampak yang positif. “Ternyata pengaruhnya besar sekali, apalagi kami sebagai konten kreator harus pintar-pintar dalam mengolah konten, agar tidak menyinggung orang lain dan bisa dinikmati masyarakat secara luas,” kata Intan Sukma Utami.

Share on twitter
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram

MOST VIEWED !

Jual di Mall Harganya Murah, Rame Ya!
Jual di Mall Harganya Murah, Rame Ya!
Versanews, Palembang – Makanan khas Japan ramen ternyata ada yang harganya murah alias terjangkau....
Berniat Rintis Bisnis Kuliner, Simak Saran Pelaku Usaha Berikut
Berniat Rintis Bisnis Kuliner, Simak Saran Pelaku Usaha Berikut
Jakarta – Ada satu elemen penting yang perlu diperhatikan ketika hendak atau sedang membangun bisnis...
Mencuci Buah dan Sayur, Perlukah? Ini Kata Ahli
Mencuci Buah dan Sayur, Perlukah? Ini Kata Ahli
Jakarta: Pejabat kesehatan federal melaporkan 48 juta orang menjadi sakit akibat penyakit bawaan makanan...
Kopi Espreso Terkait dengan Kolesterol Tinggi? Benarkah
Kopi Espreso Terkait dengan Kolesterol Tinggi? Benarkah
Jakarta: Sebuah studi mengatakan bahwa minum kopi espreso dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol...
Resep Ayam Geprek Rumahan, Enak dan Praktis
Resep Ayam Geprek Rumahan, Enak dan Praktis
Ayam geprek menjadi salah satu menu masakan praktis yang kini semakin banyak diminati masyarakat. Level...
Artis (Citayem Fashion Week (CFW) Bonge
Ikutan Jakarta Fashion and Food Festival Bonge Makin Mentereng

LATEST NEWS

Pura-pura Jadi Penumpang, Pria Ini Todong Ojol
Di Palembang Ternyata Ada Yayasan Sampah Amal Nusantara
Deru Lantik Pengkab Pordasi Muba, Gali Potensi Atlet Berkuda di Daerah
Deputi Statistik Distribusi dan Jasa BPS RI Puji Langkah Herman  Deru
Diduga Keracunan Asap Genset, Karyawan Indomaret Meninggal Didalam Toilet
Pemkot Palembang Dorong Percepatan TPAKD
Berhasil Tekan Inflasi, Provinsi Sumsel Raih Reward DID Rp.10,32 Miliar dari Kemenkeu RI
Herman Deru Dapat Dukungan Insan Pers Sukseskan Program GSMP

OTHER POST

Pria ini nekat todong driver ojek online
Pura-pura Jadi Penumpang, Pria Ini Todong Ojol
Versanews, Palembang – Penumpang ojek online (Ojol) todong handphone driver...
Gubernur Sumsel Herman Deru berfoto bersama Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN) DPD Sumsel, di Griya Agung
GERKATIN Akui Gubernur Herman Deru Sebagai Kepala Daerah Peduli Bahasa Isyarat
Versanews, Palembang – Tak hanya terkenal ramah dan dekat dengan masyarakat...
Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib
Oknum Polisi Pemilik Gudang Minyak Ditahan Propam Polrestabes Palembang
Versanews, Palembang – Kebakaran gudang minyak terendus diduga menjadi tempat...
Ilustrasi
Gempa Bumi M 6,4 Guncang Aceh, Getaran Kuat Warga Kaget
Versanews – Gempa bumi terkini mengguncang Aceh dengan kekuatan magnitudo 6,4...
Pura-pura Jadi Penumpang, Pria Ini Todong Ojol
Versanews, Palembang – Penumpang ojek online (Ojol) todong handphone driver dengan pura-pura menjadi penumpang menggunakan senjata tajam. Alhasil...
Di Palembang Ternyata Ada Yayasan Sampah Amal Nusantara
Versanews, Palembang – Selain Pemerintah, perhatian terkait tingginya jumlah sampah di kota Palembang juga menjadi perhatian dari berbagai kalangan,...
Deru Lantik Pengkab Pordasi Muba, Gali Potensi Atlet Berkuda di Daerah
Versanews, MUBA – Dalam lawatannya ke Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dalam rangka HUT ke 66 Kabupaten Muba, Gubernur Sumsel H Herman Deru berkesempatan...
Deputi Statistik Distribusi dan Jasa BPS RI Puji Langkah Herman Deru
Versanews, OKU Timur – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) hadir langsung pada Launching Progran Desa/Kelurahan Cinta Statistik (Cantik)...
Diduga Keracunan Asap Genset, Karyawan Indomaret Meninggal Didalam Toilet
Versanews, Palembang – Seorang laki-laki ditemukan meninggal dunia di dalam toilet tempat ia bekerja diduga keracunan gas monoksida (asap) dari genset...
Pemkot Palembang Dorong Percepatan TPAKD
Versanews, Palembang – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus mendorong Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dalam mengoptimalisasikan...